Saat musim hujan tiba, pasti sebagian besar masalah yang sering dialami hampir semua sama, yaitu pakaian susah kering. Pasti jengkel rasanya saat menjemur pakaian terus tiba-tiba hujan, akibatnya baju akan menjadi bau apek karena belum kering. Dan itu merupakan masalah yang harus dihadapi saat musim penghujan tiba. Namun jangan khawatir, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar pakaian tetap wangi meskipun musim hujan tiba.

source : 1.bp.blogspot.com

  1. Jangan Terlalu Lama Merendam Cucian Pakaian

Seringkali hujan ataupun mendung menjadi salah satu alasan untuk tidak segera mencuci pakaian yang telah direndam lama. Akibatnya, bau yang tidak enak akan timbul saat akan mulai mencucinya. Hal tersebut disebabkan karena bakteri yang berada di pakaian kotormu berkembang dengan leluasa. Sehingga meskipun sudah dibilas berkali-kali serta direndam dalam pewangi pun tetap akan berbau tidak enak. Jadi, usahakan jangan terlalu lama merendam pakaian dan segeralah mencuci meskipun dalam keadaan hujan.

  1. Pakailah Sabun Cuci yang Memiliki Aroma Lemon

Detergen dengan wangi aroma lemon dapat bertahan lebih lama dari pada aroma lainnya seperti aroma bunga atau yang lainnya. Oleh karena itulah disarankan menggunakan detergen dengan aroma lemon agar keharuman pakaian dapat terjaga lebih lama. Selain itu, hal yang mesti diperhatikan saat mencuci ialah bilas sampai bersih pakaian dan jangan sampai ada busa yang masih tertinggal, karena sisa-sisa detergen tersebut dapat menimbulkan bau tak sedap.

  1. Pakai Pelembut Pakaian Anti Bakteri

Gunakan pelembut pakaian yang anti bakteri yang cukup sekali bilas saja jika kamu termasuk dalam kategori yang malas untuk membilas berkali-kali. Pelembut tersebut juga dapat membuat pakaian tetap harum meskipun di luar cuaca sedang mendung. Hal lain yang bermanfaat dengan pelembut sekali bilas ialah dapat menghemat penggunaan air serta tidak perlu capek-capek dalam membilasnya.

Hanya dengan cukup sekali bilas saja sudah dapat menghilangkan busa detergen yang menempel. Selain itu, usahakan peraslah pakaian dengan kuat sehingga bisa lebih cepat kering meskipun kondisi sedang tidak panas.

  1. Jemurlah Pakaian Dengan Cara Digantung

Cara menjemur baju dengan cara digantung dapat memberikan beberapa manfaat yaitu diantaranya pakaian akan lebih cepat kering dan saat tiba-tiba hujan pakaian bisa dengan cepat mengangkatnya. Sedangkan jika menjemur pakaian dengan cara dilipat di tali maka akan ada beberapa bagian pakain yang akan lama keringnya.

Dengan beberapa tips diatas, kamu tidak perlu lagi pusing dengan bau apek pakaian karena musim hujan tiba. Meskipun pakaian agak lama waktu pengeringannya namun tidak membuatnya jadi bau yang kurang sedap, sehingga tetap nyaman dipakaianya.