Ramadhan mungkin memang mnejadi salah satu hari raya untuk umat Islam yang paling meriah dan begitu dipuja. Acara ini memang sering dipandang dengan adanya berbagai penghormatan yang sangat tulus dan jilbab modern memang akan sangat diperhatikan oleh semua saudara Islam kita. Ramadhan juga selalu dianggap sebagai salah satu bulan yang sangat bermanfaat mungkin secara spiritual dan memang hampir semua komunitas Muslim yang tersebar di seluruh dunia memang akan sangat mengenalinya karena ini diyakini sebagai salah satu bulan ketika ayat pertama Alquran diwahyukan kepada nabi Muhammad. Muslim cepat sepanjang musim Ramadhan untuk memberi penghormatan kepada agama mereka dan menawarkan pengorbanan keterikatan duniawi dan fisik.

Ramadan, bagaimanapun, tidak semua tentang puasa dan berpantang dari makanan dan minuman di siang hari. Bagi sebagian orang, Ramadan sebenarnya berkorban untuk mengantisipasi pesta pora, yang terjadi pada puncak hari raya. Akhir Ramadan biasanya disambut dengan sebuah perayaan besar dimana keluarga Muslim menyiapkan pesta dan menyambut tamu. Selama waktu ini, gaun pesta spesial dipakai, yang bisa bervariasi dari piyama kurta putih sederhana untuk pria dengan gaun sulaman untuk wanita.

Ramadhan sendiri memang pada dasarnya merupakan salah satu waktu yang sangat tepat untuk anak perempuan berdandan dengan berbagai pakaian tradisional muslim seperti menggunakan Abayah sederhana yang dipasangkan dengan jilbab motif serasi. Untuk ansambel wanita sendiri memang akan jauh lebih praktis dan ini memang sering disebut sebagai pakaian formal bagi wanita muslim.

Abayah sendiri saat ini memang sudah lebih bervariasi dalam berbagai warna dan juga ukuran. Juga dalam berbagai model yang cantik. Saat ini memang sudah ada banyak pakaian formal wanita yang mempunyai bordiran yang sangat halus sementara itu yang lainnya memang ada yang masih menggunakan desain manik-manik yang rumit.

Contoh lain dari pakaian Muslim untuk wanita termasuk tunik, yang bisa dipasangkan dengan sepasang legging atau jins denim netral. Tunik Muslim biasanya sederhana dalam gaya dan desain dan diciptakan untuk memberi kepercayaan dan fleksibilitas bagi wanita Muslim. Tunik tersebut termasuk busana paling populer yang dipakai wanita Muslim.

Selain itu, shalwar kameez adalah busana wanita khas lainnya yang biasa dipasangkan dengan jins dan jilbab syar’i yang serasi. Beberapa Muslim lebih suka mengenakan pakaian seperti itu daripada tunik dan abaya saat pergi keluar atau saat mengunjungi pusat Islam atau menghadiri pertemuan keagamaan, karena memberi mereka kenyamanan yang lebih besar.

Seperti yang mudah kita amati, wanita Muslim selalu diharapkan bersikap sederhana saat berhubungan dengan pakaian. Dengan demikian, mereka sering terlihat mengenakan satu potong baju yang menutupi tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Wanita tradisional memilih Burqah, bahan pakaian yang biasanya berwarna hitam yang benar-benar menutupi mereka. Tapi jenis pakaian ini tidak harus kompromi gaya. Jika ada, pendekatan Muslim dalam mode cukup unik dan elegan.