Ada berapa banyak jenis makanan tradisional di Indonesia? bicara soal makanan tradisional, Anda pasti akan berpikir bahwa cara membuatnya pun dengant teknik-tekni tersendiri, yang jika dibawa ke jaman sekarang akan menjadi sebuah tontonan atau pengetahuan menarik.

Selain itu apa yang Anda bayangkan ketika membicarakan makanan tradisional? Mungkinkah Anda berpikir tentang pengolahan bahan-bahan yang dilakukan secara manual? Ada benarnya sih, karena makanan tradisional erat kaitannya dengan tradisi dan upacara, di mana semuanya didedikasikan untuk sang pencipta. Akan tetapi untuk saat ini, makanan yang  naboxparah sajikan  erat kaitannya dengan tradisi sudah mudah dijumpai di mana pun.

Anda bisa membelinya di restoran bahkan di warung-warung. Tidak hanya makanan berat, tetapi juga jajanan tradisional, semuanya sudah bisa dijumpai dengan mudah, tanpa kita harus membuatnya sendiri.

Otak-otak

Jajan Otak-otak

Pernahkah Anda jajan otak-otak? Cemilan yang terbuat dari ikan yang dihaluskan ini terasa gurih. Otak-otak diketahui merupakan jajanan asli Palembang.

Cemilan yang bercita rasa gurih dan cocok dicocolkan dalam sambal tomat pedas ini terbuat dari ikan tengiri yang dibersihkan dari sisik dan durinya. Ikan tengiri yang sudah bersih dihaluskan dagingnya.

Akan tetapi, sekarang ini akan agak sulit untuk menjumpai otak-otak terbuat dari ikan tengiri karena pengolahan dan penangkapan ikan tengiri gampang-gampang susah, sehingga banyak pedagang yang menggantinya dengan ikan bandeng yang lebih mudah didapatkan di pasar ikan.

Bahkan tidak harus pergi ke pasar ikan untuk mendapatkan ikan bandeng, cukup ke pasar tradisional atau swalayan terdekat saja sudah cukup untuk mendapatkan seekor ikan bandeng.

Ciri khas Otak-otak

Ciri khas otak-otak ialah dibungkus dengan daun pisang. Daging ikan yang sudah dihaluskan dan diberi bumbu dimasukkan ke dalam daun pisang, dibungkus rapat kemudian dipanggang. Setelah tercium bau harum, dan daun pisang berubah warna bahkan sedikit terbakar, itu menunjukkan bagian dalam sudah matang, Anda bsia segera menyajikannya dengan bahan tambahan berupa sambal tomat atau sambal trasi.

Otak-otak yang terbuat dari daging ikan cincang ini bisa juga disajikan dengan kuah asam pedas. Masakan yang bisa dibuat dalam ukuran besar atau kecil ini biasa menjadi makanan favorit warga sekitar elat Malaka dan Selat Karimata. Orang-orang yang tinggal di wilayah kepulauan Riau, Singapura, dan Malaysia, sudah sangat terbiasa dengan sajian ini. kini masakan ini juga tersebar luas sampai ke Sumatera dan daerah Jawa.

Oleh karenanya, meski Anda tinggal di Jawa, Anda bisa dengan mudah menemukan penjual otak-otak. Baik itu pedagang kaki lima maupun di café dan restoran, biasanya otak-otak akan jadi salah satu cemilan yang ditawarkan pengusaha kuliner café dan restoran. Bagaiman pun otak-otak yang bercita rasa gurih ini cita rasanya mirip dengan gorengan yang biasanya enak untuk disantap dengan teh hangat.